Sunday, May 23, 2010

Jenis-jenis Komputer

Jenis Komputer

Komputer terdiri dari berbagai jenis, Jenis komputer digolongkan berdasarkan:

Jenis Data yang di olah,
Kemampuan mengolah data,
Bidang masalah Komponen elektronika,
Bentuk dan Ukuran jenis.




- Menurut Jenis Data Yang Diolah

1. Komputer Analog; yaitu komputer yang bekerja secara analog (paralel) untuk mengolah data yang bersifat continue, datanya berupa besaran fisik dan angka-angka (kuantitatif) seperti tekanan udara, temparatur, arus gelombang listrik, kecepatan angin, suara, dll.
Contoh:, Barometer, Voltmeter, Termometer, Amperemeter.
2. Komputer Digital; yaitu komputer yang bekerja berdasarkan operasi hitung. Penyelesaian masalah dilakukan dengan proses aritmatik dan logik (kuantitatif). Variabel dalam komputer ini dinyatakan dengan angka-angka.
Contoh: Calculator, Apple IIe, IBM PC .
3. Komputer Hibrid; yaitu komputer yang bekerja secara kuantitatif dan kualitatif. Komputer ini merupakan gabungan antara komputer digital dan komputer analog.
Contoh dari komputer jenis ini yakni komputer yang digunakan pada robot-robot yang digunakan sebagai pekerja pada pabrik.

- Menurut Kemampuan Mengolah Data

1. Komputer berukuran kecil (Micro Computer),
2. Komputer berukuran sedang (Mini Computer),
3. Komputer berukuran besar (Large Computer),
4. Komputer berukuran super (Super Computer).


- Menurut Bidang Masalah

1. General Purpose Computer; dipakai untuk menangani seluruh jenis masalah baik masalah bisnis maupun yang lainnya. Komputer jenis ini biasanya cocok untuk komputer pribadi (PC).
2. Special Purpose Computer; yaitu komputer yang digunakan untuk menangani satu jenis masalah khusus. Komputer jenis ini biasanya sudah diisikan suatu program komputer khusus, yang biasa dipakai sebagai pengontrol proses-proses tertentu pada mesin pabrik, kepentingan militer atau pemeriksaan kesehatan. Dengan demikian bila ditinjau dari segi data yang diolah maka komputer jenis ini biasanya menggunakan koputer yang memiliki kemampuan hybrid.


- Menurut Komponen Elektronika (Processor)

1. Mainframe Computer; Komputer jenis ini memakai prosessor yang memiliki kemampuan yang sangat besar dan ditujukan untuk multi user. Dengan menggunakan teknologi time sharing maka efeknya tidak begitu dirasakan oleh user. Jenis Komputer ini mempunyai suatu Central Processing Unit (CPU), Storage Device yang agak besar (kira-kira sebesar 2 lemari pakaian) dan ditempatkan pada tempat tersendiri. Peralatan CPU dan Storage tersebut dihubungkan dengan banyak terminal yang tersusun atas monitor dan keyboard saja. Terminal yang disambungkan dapat berjumlah ribuan sesuai dengan kebutuhan dan seri dari komputer mainframenya. jenis komputer ini cocok digunakan untuk perusahaan dengan skala besar yang banyak memiliki banyak cabang.
2. Mini Computer; Kapasitas prosessor yang dipakai hampir sama dengan mainframe, hanya jumlah terminal yang dapat disambungkan ke dalam ke komputernya tidak sebanyak seperti pada jenis komputer mainframe. Jumlah terminal yang dapat disambungkan hanya puluhan. Oleh karena itu komputer jenis ini hanya cocok digunakan untuk perusahaan kelas menengah yang tidak begitu besar dan tidak terlalu kecil. Ukuran fisik komputer ini tidak sebesar komputer mainframe.
3. Personal Computer (PC); Jenis prosessor yang dipakai kemampuannya tidak begitu besar dibandingkan dengan komputer mainframe. Karena komputer ini memang ditujukan untuk seorang pemakai. Komputer jenis ini biasa disebut komputer pribadi atau Personal Computer (PC). Komputer ini mempunyai semua perangkat IPO yang telah dirangkai menjadi satu. Saat ini PC terus dikembangkan kemampuan dan kegunaannya.


- Menurut Bentuk dan Ukuran Fisik

1. Komputer Desktop; Ukuran fisiknya relatif kecil, biasanya cocok diletakkan di atas meja. Bahkan sekarang dikembangkan berbagai bentuk komputer desktop yang semakin tipis yang dikenal dengan bentuk desktop slim. Bentuk desktop ini biasanya dilengkapi dengan banyak ruang yang disebut expantion slot sebagai tempat untuk card tambahan.
2. Komputer Tower; Ukuran fisk lumayan lebih besar dibandingkan dengan komputer desktop, cocok untuk diletakkan di samping atau di atas meja. Memiliki ruang untuk expantion slot lebih banyak.
3. Komputer Portable; Ukuran fisiknya sedikti lebih kecil dibandingkan komputer desktop dan tower. Seluruh bagian-bagiannya dijadikan satu agar mudah dibawa kemana-mana. Jenis komputer ini dibuat untuk orang yang sering bekerja berpindah-pindah atau dilapangan. Secara bebas, portable, dan fleksibel.
4. Komputer Laptop; Ialah komputer dengan ukuran fisik yang dapat dipangku, memiliki ukuran lebih kecil dari komputer portable, semua komponennya dibuat menyatu.
5. Komputer NoteBook; Sesuai dengan jenisnya, ukuran fisik komputer ini sebesar notebook, ukurannya dan bentuk fisiknya hampir sama dengan Laptop.
6. Komputer SubNotebook; memiliki ukuran sebesar kertas kwarto, memiliki ketebalan sekitar 5 cm, dan masih terus dikembangkan untuk mengecilkan ukurannya.
7. Komputer Palmtop; Komputer ini diciptakan untuk dapat digenggam, jika dibandingkan ukuran kaset, kira-kira ukurannya sebesar kaset video beta. dan menggunakan baterai sebagai daya listriknya.



Sumber dari radmarssy
Posting oleh Derry Kurnia Rahayu
Judul "Jenis-jenis Komputer"

3 comments:

Tuangkan isi pikiran Anda tentang artikel ini melalui komentar, Komentar dapat berupa Kritik, Saran, Unek-unek, dan sebagainya, bebas tapi sopan.

Beri dukungan pada blog ini.

Jika artikel-artikel pada blog ini dirasa berguna bagi Anda, diharapkan untuk memasang url blog ini (backlink) pada sidebar blog atau website Anda yang bertujuan sebagai bentuk dukungan Anda pada blog ini agar lebih berguna lagi.

Atau copy kode html dibawah ini pada blog/website Anda.



Terima kasih.