Saturday, July 3, 2010

Sekilas pengenalan seputar RAM

Sekilas pengenalan seputar RAM

Apa Itu RAM?

Memory biasanya disebut sebagai RAM, RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yang digunakan oleh komputer sebagai tempat kerja sementara. Memory berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi. Prosesor memindahkan data dan aplikasi yang tengah diproses dari tempat penyimpanan permanen seperti harddisk maupun optikal storage devise kedalam RAM. Prosesor akan menjalankan aplikasi dan data yang ada dari tempat penyimpanan sementara ini. Setiap data yang baru akan dibuat dan disimpan sementara di memory sebelum di simpan secara permanen di harddisk. Semakin besar kapasitasnya, maka semakin banyak data yang dapat disimpan dan disuplai, yang akhirnya membuat Processor bekerja lebih cepat. Setiap byte informasi yang digunakan oleh komputer selama beroperasi akan melalui memori selama perjalanan baik dari atau ke 1/0 device, proseseor atau harddisk.



RAM merupakan jenis memori yang sangat cepat untuk operasi baca/tulis. Kelemahannya adalah ia memiliki sifat data yang disimpan akan hilang jika tidak ada listrik. Untuk mempertahankan data,ia membutuhkan listrik yang konstan dan jumlahnya cukup besar. Semakin besar RAM, maka daya listrik yang dibutuhkan juga akan semakin besar. Sedangkan,ROM atau Read Only Memori dalah jenis memori yang lebih lambat. Namun,ia bisa menyimpan data secara permanen tanpa perlu adanya listrik. ROM memiliki dua jenis yaitu ROM yang bisa ditukis ulang dikenal denagn istilah Flash ROM.Dan ROM yang bisa ditulis ulang dikenal sebagai Mask ROM.

Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan memori-baca-saja (read-only-memory, ROM), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.

Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.

Pada saat menyalakan komputer, device yang pertama kali bekerja adalah Processor. Fungsi Processor adalah sebagai pengolah data dan meminta data dari storage, yaitu Hard Disk (HDD). Artinya data tersebut dikirim dari Hard Disk setelah ada permintaan dari Processor.

Tapi prakteknya hal ini sulit dilakukan karena perbedaan teknologi antara Processor & Hard Disk. Processor sendiri adalah komponen digital murni, dan akan memproses data dengan sangat cepat (Bandwidth tertinggi P4 saat ini 6,4 GB/s dengan FSB 800MHz). Sedangkan Hard Disk sebagian besar teknologinya merupakan mekanis yang tentu cukup lambat dibandingkan digital (Bandwidth atau Transfer Rate HDD Serial ATA berkisar 150 MB/s). Secara teoritis kecepatan data Processor berkisar 46x lebih cepat dibanding HDD. Artinya, apabila Processor menunggu pasokan data dari HDD akan terjadi “Bottle-Neck” yang sangat parah.

Untuk mengatasi keadaan itu, diperlukan device Memory Utama (Primary Memory) atau disebut RAM. RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM berfungsi untuk membantu Processor dalam penyediaan data “super cepat” yang dibutuhkan. RAM berfungsi layaknya seperti HDD Digital, karena seluruh komponen RAM sudah menggunakan teknologi digital. Dengan RAM, maka Processor tidak perlu menunggu kiriman data dari HDD. Saat ini RAM DDR2 mempunyai bandwidth 3,2 GB/s (PC400), agar tidak menganggu pasokan maka saat ini Motherboard menggunakan teknologi Dual Channel yang dapat melipatgandakan bandwidth menjadi 2x dengan memperbesar arsitektur menjadi 128-bit. Itu artinya, 2 keping DDR2 dalam mode Dual Channel dapat memasok data dalam jumlah yang pas ke Processor (3,2 GB/s x Dual Channel = 6,4 GB/s).

Sumber dari Sya4L_LyM4n
Posting oleh Derry Kurnia Rahayu
Judul "Sekilas pengenalan seputar RAM"

No comments:

Post a Comment

Tuangkan isi pikiran Anda tentang artikel ini melalui komentar, Komentar dapat berupa Kritik, Saran, Unek-unek, dan sebagainya, bebas tapi sopan.

Beri dukungan pada blog ini.

Jika artikel-artikel pada blog ini dirasa berguna bagi Anda, diharapkan untuk memasang url blog ini (backlink) pada sidebar blog atau website Anda yang bertujuan sebagai bentuk dukungan Anda pada blog ini agar lebih berguna lagi.

Atau copy kode html dibawah ini pada blog/website Anda.



Terima kasih.