Sunday, May 23, 2010

Perangkat Kerja Komputer

Perangkat Kerja Komputer

Komputer tersusun dari 2 bagian dasar yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Perangkat keras

Hardware atau perangkat keras komputer  yaitu semua bagian fisik komputer, yang bisa dilihat, dan di sentuh oleh manusia.
•    Prosesor atau CPU sebagai unit yang mengolah data
•    Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
•    Hard drive, media penyimpanan semi permanen
•    Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet
•    Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer.


Perangkat lunak

Software atau perangkat lunak komputer yaitu suatu istilah umum pada data-data yang telah diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang dapat ditulis dan dibaca oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud berbeda dengan hardware.

Perbedaan perangkat keras dan perangkat lunak
•    Perangkat keras : tersusun dari semua mesin dan peralatan pada sistem komputer. Perankat keras diantaranya printer, keyboard, layar, Casing komputer, dan alat pemroses itu sendiri (prosessor). Perangkat keras tidak bisa bekerja jika tidak ada perangkat lunak.
•    Perangkat lunak : tersusun atas instruksi-intruksi elektronik yang meminta komputer untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu. Instruksi-instruksi itu diciptakan oleh pengembang (vendor) perangkat lunak dalam berbagai macam bentuk (misalnya CD) yang dapat dijalankan oleh komputer.
Operasi dasar komputer.
Tanpa memandang ukuran jenisnya, semua komputer melakukan empat operasi dasar yang sama yaitu : input, pemrosesan, penyimpanan, dan output. Kita juga menambahkan operasi dasar kelima yaitu, komunikasi.
•    Operasi input : input adalah segala sesuatu yang dimasukkan ke sistem komputer. Input terdiri dari beragam data ( huruf angka, simbol, bentuk, warna, suhu, suara, tekanan, cahaya lampu, dan materi mentahan apapun yang butuh diproses). Ketika kamu mengetik beberapa kata atau angka pada keyboard, maka kata-kata tersebut dinamakan data input.
•    Operasi pemrosesan : pemrosesan adalah manipulasi yang dilakukan oleh komputer untuk mengubah data menjadi informasi. Saat komputer menambahkan 2 +2 untuk menghasilkan angka 4, maka pekerjaan inilah yang disebut pemrosesan. Pemrosesan dilakukan oleh pemroses pusat (CPU- Central Processing Unit), yaitu sebuah alat yang berisi sirkuit elektronik yang bertugas mengeksekusi instruksi-instruksi dalam memproses data.
•    Operasi penyimpanan : terdapat 2 macam tempat penyimpanan (storage), yaitu penyimpanan temporer dan permanen. Kadang disebut juga penyimpanan primer dan sekunder.. penyimpanan primer atau memori adalah sirkuit komputer internal yang menyimpan data untuk sementara waktu ketika hendak diproses. Penyimpanan sekunder atau cukup disingkat storage, terkait dengan alat media yang berguna untuk menyimpan data atau informasi secara permanen. Floppy disk (disket) atau hardisk adalah contoh storage jenis ini. (storage juga menyimpan perangkat lunak atau program komputer).
•    Operasi Output : output adalah hasil apapun yang “keluar” dari sistem komputer, yaitu hasil pemrosesan yang berupa informasi. Contoh output adalah jumlah gambar yang ditampilkan dilayar, kata-kata yang tercetak di kertas, juga musik yang diperdengarkan melalui beebrapa speker..
•    Operasi komunikasi : Zaman sekarang, kebanyakan komputer (meski tidak semuanya) telah memiliki kemampuan komunikasi sebagai perluasan fungsi. Dengan koneksi kabel atau nirkabel, data input bisa berasal dari tempat jauh, diproses dengan kendali ditempat lain, disimpan di beberapa lokasi yang berbeda, dan hasilnya pun bisa dilihat ditempat lain. Tetapi, kamu tidak memerlukan fungsi komunikasi ini jika hanya menulis surat, mengerjakan kalkulasi, atau tugas-tugas “standar” komputer lain.


Memori
Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti "sel" atau "lubang burung dara"), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat - dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.


Pemrosesan
Unit Pengolah Pusat atau yang dikenal CPU berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input, output dan hasil.
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti penghitungan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang nyata.
Unit kontrol menyimpan perintah yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk mejalankan dan mendapat informasi kembali (dari memori) yang diperlukan untuk mengerjakan perintah tersebut, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali jika perintah tersebut adalah perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain).


Input dan hasil
Unit Input/Output (I/O) adalah bagian dari sistem mikroprosesor yang digunakan oleh mikroprosesor itu untuk berhubungan dengan hardware.
Unit input adalah unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor ini, contohnya data yang berasal dari keyboard atau mouse. Sementara unit output biasanya digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer. Bagian input (masukan) dan juga keluaran (output) ini juga memerlukan sinyal kontrol, antara lain untuk baca I/O (Input/Ouput Read [IOR]) dan untuk tulis I/O (Input/Output Write IOW).
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.


Instruksi
Perintah yang dimaksud di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya memiliki kemampuan dalam jumlah terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan baik. Kebanyakan perintah yang dipahami komputer ialah "menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel 013", dan "jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel 345".
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin menjadi 001. Misalnya, Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam praktiknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman "tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi).


Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU yang digunakan untuk melakukan penghitungan aritmatika dan logika yang didefinisikan oleh instruksi. Berbagai macam variasi operasi aritmatika biner dikerjakan dalam ALU ini. Perkalian dikerjakan sebagai urutan beberapa proses tambah dan operasi shift dalam ALU. CPU menganggap semua lokasi memori sebagai satu kesatuan walaupun di dalamnya terdapat instruksi program, data variabel, maupun kontrol input-output (I/O). Teknik semacam ini yang disebut dengan memory-mapped I/O. Artinya, semua piranti input-output dari sistem mikrokontroler memiliki alamat tersendiri yang ikut dipetakan dalam peta memori, sehingga dianggap sebagai bagian dari memori itu sendiri.
Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Di dalam CPU juga terdapat komponen ALU atau Arithmatic Logic Unit. Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.


Program
Program komputer yaitu daftar perintah kode yang akan di eksekusi oleh komputer, mungkin data di dalam tabel. Program komputer berisi jutaan perintah, dan dilakukan berulang kali. Sebuah komputer pribadi modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mempunyai kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, "programmer." "Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain." Dewasa ini, kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, CPU melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu CPU di antara program.


Sistem operasi
Sistem operasi yaitu sejenis beberapa kombinasi gabungan potongan kode yang bertindak sebagai perantara antara pengguna (user) komputer dengan hardware (perangkat keras) komputer. Ketika semacam kode komputer bisa digunakan secara bersamaan oleh beraneka-macam program-program komputer, setelah bertahun-tahun, programer akhirnya memindahkannya ke dalam sistem operasi.
Tujuan dari sistem operasi adalah untuk menyediakan lingkungan dimana user dapat mengeksekusi program yang diinginkan dengan efisien dan menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan seorang programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.



Sumber dari wikipedia.org
Posting oleh Derry Kurnia Rahayu
Judul "Perangkat Kerja Komputer"

1 comment:

Tuangkan isi pikiran Anda tentang artikel ini melalui komentar, Komentar dapat berupa Kritik, Saran, Unek-unek, dan sebagainya, bebas tapi sopan.

Beri dukungan pada blog ini.

Jika artikel-artikel pada blog ini dirasa berguna bagi Anda, diharapkan untuk memasang url blog ini (backlink) pada sidebar blog atau website Anda yang bertujuan sebagai bentuk dukungan Anda pada blog ini agar lebih berguna lagi.

Atau copy kode html dibawah ini pada blog/website Anda.



Terima kasih.