Sunday, May 23, 2010

Jenis Komputer

Jenis Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.


Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Komputer adalah alat mekanik yang digunakan untuk tujuan mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Computer dalam bahasa inggris berasal dari kata to compute yang artinya menghitung atau alat hitung. Asal mula kata komputer untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan aktivitas perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa menggunakan alat bantu, tetapi lama kelamaan arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan data dan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern yang ada saat ini dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Secara arti luas, Komputer didefinisikan sebagai suatu peralatan mekanik elektronik yang terdiri dari beberapa komponen utama dan komponen pendukung lainnya, yang dapat bekerja sama antara komponen yang satu dengan komponen yang lainnya untuk dapat menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen-komponen komputer meliputi : Layar Monitor (sebagai alat output untuk menampilkan hasil pengolahan data dan informasi, CPU (sebagai alat proses pengolahan data), Keyboard, Mouse (alat input untuk mengolah data) dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa adanya printer, komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data dan menghasilkan informasi, namun hasilnya sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).

Menurut generasi, sejarah komputer komputer dibagi menjadi 5 bagian, yaitu:
- Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik
- Komputer Generasi Pertama
- Komputer Generasi Kedua
- Komputer Generasi Ketiga
- Komputer Generasi Keempat
- Komputer Generasi Kelima


Etimologi Komputer

Selama berangsur-angsur sudah ada beberapa arti yang berbeda-beda pada kata "komputer", dan dari beberapa kata berbeda tersebut saat ini cukup disebut sebagai komputer.

Kata computer secara umum pernah dipakai untuk mendefiniskan seseorang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa menggunakan alat bantu. Pada tahun 1646, menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata itu dipakai dalam bahasa Inggris sebagai kata untuk "orang yang sedang menghitung" kemudian pada tahun 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Kemudian Perang Dunia II kata itu menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalannya artileri perang dengan alat hitung. Kemudian, Charles Babbage mendesain sebuah alat hitung pertama yang disebut mesin analitikal.


Jenis Komputer

Walaupun demikian, dari definisi di atas tersebut mencakup banyaknya alat khusus yang hanya bisa memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Saat mempertimbangkan komputer zaman modern, sifatnya yang paling penting untuk membedakan mereka dari alat menghitung yang lebih awal ialah bahwa, dengan bahasa pemrograman yang benar, semua komputer mampu mengemulasi sifat apa pun (meskipun mungkin dibatasi oleh kemampuan penyimpanan dan kecepatan yang berbeda), dan dipercaya bahwa alat hitung sekarang bisa meniru alat perkomputeran yang akan kita buat di masa depan (meskipun niscaya lebih lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan tersebut adalah tes yang berguna karena mengenali komputer "maksud umum" dari alat maksud istimewa yang lebih dahulu. Definisi dari "maksud umum" bisa diformulasikan ke dalam suatu syarat bahwa mesin harus dapat meniru Mesin Turing universal. Alat yang mendapat definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, dan yang pertama tercipta pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia.

Komputer benam
Pada sekitar 20 tahun , banyak alat rumah tangga, khususnya termasuk panel dari permainan video tetapi juga mencakup perekam kaset video, telepon genggam, PDA dan banyak sekali dalam rumah tangga, otomotif, industri, dan alat elektronik lain, semua itu berisi sirkuit elektronik yang sama bagaikan komputer yang memenuhi syarat Turing-lengkap di atas (dengan catatan bahwa program dari alat ini seringkali dibuat secara langsung di dalam chip ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah program mesin). Komputer tersebut secara umum dikenal sebagai "komputer benam" atau "mikrokontroler" (embedded computer). Oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer kepada alat yang maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, daripada menjadi bagian dari sistem yang lebih besar seperti oven mikrowave, telepon, atau pesawat terbang, dan dapat diganti untuk berbagai tujuan oleh pengguna tanpa merubah fisik.

Komputer pribadi
Istilah PC atau komputer pribadi mempunyai beberapa arti:
    * Istilah umum yang merujuk pada suatu komputer yang bisa dipakai dan diperoleh manusia dengan mudah.
    * Istilah umum yang merujuk kepada suatu mikrokomputer yang sesuai dengan spesifikasi IBM.
    * Komputer pribadi (PC) yang pertama kali dipublikasikan oleh IBM dan secara tidak langsung mencetuskan penggunaan istilah PC (Personal Computer).

Generasi mikrokomputer yang pertama hanya dijual dalam jumlah sedikit kepada orang yang mampu membeli dan mahir (membuat dan merakit sendiri), dan mengoperasikannya, diantaranya: para insinyur dan penggemar bidang elektronika. Mikrokomputer generasi kedua lebih dikenal sebagai komputer rumah (home computer).
Dalam artikel berseri yang berjudul "The World in 1984" (Dunia pada Tahun 1984), pada tahun 1964 di majalah New Scientist, istilah komputer pribadi pertama kali digunakan. Dalam "The Banishment of Paper Work" (Hilangnya Pekerjaan Tulis-Menulis), Arthur L. Samuel dari Pusat Penelitian Watson (Watson Research Center) nya IBM menulis, "Meskipun mungkin saja kita bisa mendapatkan pendidikan di rumah melalui PC orang tersebut sendiri, sifat asli manusia tetap tak akan berubah."

Generasi pertama mikrokomputer mulai bermunculan pada tahun 70-an. Meski begitu, ia tidak berkemampuan tinggi, dan kurang mampu dibandingkan dengan komputer bisnis (Business Computer) pada saat itu, sehingga hanya dipakai oleh peminat komputer, atau hanya untuk permainan elektronik serta pemakaian bulletin board system. Seperti pada komputer modern di era chip silikon PC memakai mikrokomputer sebagai Unit Pemroses Pusat . Pada 15 November 1971, Intel4004 adalah Mikroprosesor yang pertama dipakai oleh PC IBM

Mikrokomputer menjadi alat perniagaan saat program spreadsheet VisiCalc diluncurkan untuk mesin Apple II, dan selanjutnya untuk kelompok 8-bit Atari, PC IBM, dan Commodore PET yang menjadi program aplikasi terpopuler. Pada sekitar tahun 1980an, harga komputer pribadi yang rendah menjadi sebab utama kepopularannya untuk kegunaan di rumah serta bisnis. Pada tahun 1982, majalah Time memberikan "Komputer Pribadi" gelar "Man of the Year".



Sumber dari wikipedia.org
Posting oleh Derry Kurnia Rahayu
Judul "Jenis Komputer"

1 comment:

  1. dunia skg makin canggih aja. baca ttg komputer, wawasan saya jadi lebih terbuka

    ReplyDelete

Tuangkan isi pikiran Anda tentang artikel ini melalui komentar, Komentar dapat berupa Kritik, Saran, Unek-unek, dan sebagainya, bebas tapi sopan.

Beri dukungan pada blog ini.

Jika artikel-artikel pada blog ini dirasa berguna bagi Anda, diharapkan untuk memasang url blog ini (backlink) pada sidebar blog atau website Anda yang bertujuan sebagai bentuk dukungan Anda pada blog ini agar lebih berguna lagi.

Atau copy kode html dibawah ini pada blog/website Anda.



Terima kasih.